Senin, 26 September 2011

Ciri-Ciri Ayam Aduan Juara


1. Kepala seperti buah pinang
2. Tulang leher rapat
3. Paruh seperti elang, melengkung
4. Jambul lebih bagus kecil
5. Sayap rapat dengan badan
6. Memiliki tulang yang kokoh dan tegak
7. Memiliki bulu yang tebal dan mengkilat
8. Bahu kuncup
9. Ekor lebat
10. Kaki bulat / kubus dan kering
11. Sisik rapih dan bersih
12. Lutut menekuk
13.
Dada bidang
14. Paha bulat dan pipih
15. Jari panjang dan halus
16. Tulang ekor rapat
17. Tulang kaki kuat dan keras


Macam-Macam Warna Ayam Adu















1. Wiring Bulu ayam bangkok jantan yang paling populer dan berkelas adalah warna wiring kuning. Corak warna wiring adalah terdiri dari warna dasar hitam dengan bulu rawis leher dan rawis ekor berwarna kuning kemerahan. Jika warna rawis yang dominan adalah kuningkeemasan dan memiliki kaki dan paruh berwarna kuning maka disebut sebagai wiring kuning. Jika warna rawis cenderung merah tua kecoklatan disebut wiring galih.












2. Taduang/hitam Bulu ayam bangkok yang berkelas setelah wiring adalah taduang/hitam, rawis dan bulu hias juga hitam.Kalau paruh,kaki dan mata juga hitam maka disebut sipatuang rimbo.Ayam sipatuang rimbo ini memiliki keistimewaan atau tuah yang akan kita bahas nantinya.












3. Bangkeh berbeda dengan wiring yang memiliki warna dasar hitam, ayam bangkeh memiliki warna dasar yang hampir sama dengan rawisnya yaitu kuning kemerahan. Jika warna bulu cenderung kuning keemasan disebut bangkeh emas dan jika warna bulu lebih gelap kemerahan disebut dengan bangkeh api.












4. Kanso/klabu Warna kanso memiliki warna dasar abu-abu. Jika rawisnya berwarna gelap atau abu-abu kehitaman disebut dengan kanso monyet dan jika rawisnya berwarna kuning kemerahan disebut kanso api.










5. Kuriak/Jali Warna kuriak adalah warna yang merupakan campuran beberapa warna tapi dalam catatan ada garis-garis kecil.Atau campuran beberapa warna dimana setiap helai bulunya bergaris-garis kecil.Seperti hitam-putih-hitam-putih ada juga abu-abu-putih abu-abu-putih dan begitu juga warna yang lainnya. Jarang ayam bangkok yang berwarna jali. Ada orang tertentu yang sangat memburu bangkok asli dengan warna ini karena kelangkaannya dan berkesan eksotis.










6. Kinantan/putih Warna putih kinantan adalah warna bulu putih.rawis dan bulu hias juga putih ditambah sisik dan mata juga putih.ayam warna ini memiliki tuah/keistimewaan dari ayam yang lain. Ada juga warna putih usu adalah warna bulu putih semua termasuk bulu hias dan bulu rawis,kaki berwarna kuning dan paruh berwarna putih.warna usu ini juga punya keistimewaan ,kita bahas pada bab berikutnya.
mak
Makanan Khusus Ayam Adu

A.Beras merah
Diberikan setelah ayam dewasa yaitu setelah pertumbuhan bulunya selesai ,beras merah
Memiliki kadar protein yang tinggi mengandung rendah lemak,mudah dicerna biasanya
Ayam yg diberikan beras merah akan menjadi kekar dan padat hanya bobot ayam menjadi berat namun sesuai dengan ayam yg mempunyai dasar pukulan yang keras.
Cocok diberikan pada ayam yg tipe jalu yaitu pertumbuhan jalu yang sangat cepat .Ayam jalu yang baik mempunyai tipikal harus cepat memyelesaikan pertarungan.
B.Gabah
Pemberian gabah menjadikan tubuh ringan dan kesat mirip dangan beras merah hanya ga
Bah mempunyai kandungan vitamin yg lebih komplek ,kalsium yang tinggi dan ekonomis, memperkuat bulu,jago tidak mudah rontok bulu.gabah sangat sesuai dengan
Ayam tipe jalu yang memerlukan kelincahan terbang untuk menyerang cepat .pemberian
Gabah hendaknya direndam air dulu gabah yg mengapung dipisahkan.
C.Jagung
Diberikan pada ayam pukul, mempunyai pertumbuhan jalu lambat maupun lepek (tidak tumbuh jalu )mempunyai kandungan karbohidrat yg tertinggi diantara beras merah dan gabah ,kandungan fosfor dan kalsium berpengaruh baik terhadap pertumbuhan tulang,pertulangan ayam menjadi kuat dan besar
Karbohidrat menjadikan ayam mempunyai tenaga yang besar dan pukulan keras ,penggunaan jagung direndam dulu sebelum diberikan supaya lebih lunak .





Tidak ada komentar:

Poskan Komentar